Minggu, 08 Desember 2013

Merawat Kenari Bagi Pemula


Burung kenari adalah  merupakan salah satu burung kicau yang banyak di cari karena burung kenari ini memiliki suara yang bagus,  ada beberapa jenis kenari yang tersebar di berbgai negara dan di indonesia  sendiri berkikut ini adalah salah satu burung kenari yang banyak di lombakan untuk jenis suaranya seperti waterslagger,Spanish Timbrado, German Rollers,  dan American Singer. Dan ada juga kenari yang dilihat dari macam warnanya dan bentuk posturnya , kenari warna memiliki banyak warna dan warnanya pun ber variasi dan cantik-cantik.

Sedangkan unutk memilihara burung ini sebenarnya tidak sulit caranya kurang lebih sama seperti merawat burung kicau yang lainya, yaitu haurs merawat secara rutin dan konsisten.

Adapun cara merawat burung kenari yang baik adalah meliputi hal sebagai berikut:

Sangkar atau Kandang
Dalam memilih sangkar sebaiknya pilihlah sangkar yang berukuran yang lebar ( jangan membuat burung terasa tidak nyaman karena sangkar terasa kecil) , lakukan pembersihan sangkar atau kotora yang nenpel pada kandang secra rutin setiap hari.

Embunkan & Mandikan
Lakukan pengembunan pada pagi hari di jam 5 biasnya burung kicau pada mulai keluar dari sangkarnya ini bertujuan agar burung merasa di alam bebas yang setiap hari mulai keluar dari sangkarnya unutk mencari makan & setelah itu mandikan dengan semprotan yang yang lembut kemudian jemur pada pukul 7 sampai pukul 8 setealh itu kasih di tempat teduh yang banyak dilalui orang agar burung segera beradaptasi dengan lingkungan.

Makanan
Berikan makann kenari secar rutin dan harus di ganti setipa hari untuk jenis makanan yang berupa sayuran dan ganti pula airmimun secara rutin.

Pemberian pakan tambahan seperti makanan hijau atau sayuran sangat baik untuk menjaga kondisi kenari aar tetap lincah dan Fit. berikan sayuran setidaknya tiga kali seminggu. pakan yang paling baik adalah yang masih berupa benih tetapi bisa juga diberikan selada, bayam, brokoli dsb. sebelum diberikan sebaiknya sayuran dibersihkan dahulu dengan air bersih untuk membersihkan pestisida yang masih menempel jika sayuran tersebut menggunakan pestisida untuk mengusir hama.

Jangan lupa juga menyertakan buah-buahan segar kedalam menu makannya setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. berikan sepotong kecil jeruk atau apel, kenari sangat menyukai buah-buahan jenis apa saja kecuali alpukat. jaid sebaiknya hindari memberikan buah alpukat untuk burung anda. Bee pollen juga sangat bagus diberikan karena mengandung segudang vitamin dan mineral seperti halnya produk ganggang hijau yang disebut dengan Spirulina.  Yang jelas selama pemberian pakan tersebut hindari memberikan secara berlebihan , karena bisa membuat kenari menjadi cepat gemuk dan malas-malasan.

Kenari termasuk pemakan biji-bijian, gunakan merek yang bagus yang menggunakan campuran biji-bijian yang lengkap, untuk saat sekarang ini hampir semua merek komersial sudah sangat bagus dan berkualitas. apalagi sekarang juga sudah banyak yang memberikan burung kenari makanan yang berbentuk 'pelet' seperti voer selain dari makan biji-bijiannya.

Pengkrodongan
Pada sore hari burung ditaru di tempat yang luas atau di luar rumah , dan berikan makanan lagi yang lebih segar tentunya setalah burung di mandikan ( untuk sore hari boleh di mandikan bolleh juga tidak) setalh menjelang malam burung di kerodong dan masukan rumah.

Lakukan semua itu secara rutin maka burung kenari anda akan menjadi burung yang pandai berkicau
Tambahan kalau siang sebaiknya berikan masteran pada burung dan sorenya juga.

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.